CPU (Central Processing Unit)


Unit Pengolah Pusat (UPP) (bahasa Inggris: CPU, singkatan dari Central Processing Unit), merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain, prosesor (pengolah data), sering digunakan untuk menyebut CPU(wiki). Dalam CPUterdapat beberapa perangkat keras atau komponen yang diperlukan agar sebuah CPU dapat berjalan dengan baik.

Komponen Pada CPU

Komponen yang terdapat pada CPU komputer antara lain :

Processor

Prosesor (CPU, untuk Central Processing Unit) adalah otak komputer. Hal ini memungkinkan pengolahan data angka, yang berarti informasi yang dimasukkan dalam bentuk biner, dan eksekusi instruksi yang tersimpan dalam memori

Prosesor (CPU disebut, untuk Central Processing Unit) adalah sebuah sirkuit elektronik yang beroperasi pada kecepatan clock internal dari sebuah kristal kuarsa ketika mengalami sebuah arus listrik, mengirimkan pulsa, yang disebut “puncak”. Clock speed (juga disebut siklus), sesuai dengan jumlah pulsa per detik, ditulis dalam Hertz (Hz). Dengan demikian, komputer 200 MHz memiliki jam yang mengirimkan pulsa 200.000.000 per detik. Jam frekuensi umumnya merupakan kelipatan dari frekuensi sistem (FSB, Front-Side Bus), yang berarti kelipatan dari frekuensi motherboard.

Mainboard/Motherboard

Dikatakan demikian karena Mainboard merupakan komponen atau elemen utama yang ada dalam CPU. Mainboard merupakan papan sirkuit yang digunakan untuk meletakan komponen-komponen CPU untuk pemasangan hardware. Seperti yang dipaparkan fungsi Mainboard adalah sebagai media tempat untuk menghubungkan komponen-komponen hardware agar komputer dapat bekerja, juga merupakan media terbesar yang ada dalam CPU. Pada Mainboard terpasang pula kabel penghubung dari Power Supply, kabel tersebut yang memberikan sumber arus listrik agar Mainboard dapat bekerja.

RAM (Random Acces Memory)

Diucapkan RAM, singkatan untuk random access memory, jenis memori komputer yang dapat diakses secara acak, yaitu setiap byte dari memori dapat diakses tanpa menyentuh byte sebelumnya. RAM adalah jenis memori yang paling umum ditemukan di komputer dan perangkat lain.

Dalam penggunaan umum, istilah RAM identik dengan memori utama, memori yang tersedia untuk program. Sebagai contoh, sebuah komputer dengan RAM 8MB memiliki sekitar 8 juta byte memori yang program dapat digunakan. Sebaliknya, ROM (read-only memory) adalah memori yang khusus digunakan untuk menyimpan program yang boot komputer dan melakukan diagnosa. Sebagian besar komputer pribadi memiliki jumlah kecil ROM (beberapa ribu byte). Pada kenyataannya, kedua jenis memori (ROM dan RAM) memungkinkan akses acak. Harus tepat, oleh karena itu, RAM harus dirujuk sebagai baca / tulis RAM dan ROM RAM hanya-baca.

Harddisk

Harddisk adalah bagian dari unit, sering disebut sebagai “disk drive,” “hard drive,” atau “hard disk drive,” yang menyimpan dan menyediakan akses yang relatif cepat ke data dalam jumlah besar pada permukaan elektromagnetik dibebankan atau set permukaan . komputer hari ini biasanya datang dengan hard disk yang berisi beberapa miliar byte (gigabyte) penyimpanan.

Sebuah hard disk adalah satu set disk yang memiliki piringan hitam yang memiliki data yang dicatat secara elektromagnetik dalam lingkaran konsentris atau trek pada disk. Sebuah head (sesuatu seperti lengan gramofon tetapi dalam posisi yang relatif tetap) untuk mencatat atau menulis dan membaca informasi di atas trek piringan. Kedua Head yang dimiliki akan membaca dan menulis pada saat disk atau piringan berputar.

Power Supply

Power Supply Komputer merupakan sumber listrik utama yang menyediakan tegangan + 12V, -12V, + 5V, -5V, dan sinyal POR (Power On Reset) untuk mengaktifkan motherboard. Daya maksimal yang dapat di konsumsi oleh power supply ini sekitar 200 watt dengan tegangan masuk sebesar 220 V AC dari PLN. Dengan efisiensi yang sangat tinggi power supply ini sekitar 200 watt dapat menyediakan tegangan sebesar + 5V dengan arus sekitar 15 – 20 A untuk keperluan peralatan digital motherboard, disk drive, hard disk, fan prosessor, CD-Rom Drive dan card-card yang dimaksudkan pada slot motherboard.

Port I/O (Input Output)

Port I/O adalah saluran untuk Input dan Output pada komputer, sehingga komputer dapat menerima intruksi dari luar dan memberikan hasil intruksi melalui Output ke perangkat lain. Sekarang ini port I/O sudah tertanam pada Mainboard, contohnya port Paralel, Port serial, Port PS/2, Port USB, Port LAN, Port VGA, Port Audio.

Perihal Firman Abahe Alif Fadhlurrohman
Saya Hanya seorang yang ga bisa apa-apa, bodoh dan ingi selalu tau akan kemajuan...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: