BIND DNS Server modul


BIND (Berkeley Internet Nama Domain) adalah server DNS yang paling umum untuk sistem Unix. Beberapa versi telah dirilis selama bertahun-tahun, versi yang paling baru 9. The BIND DNS Server modul (ditemukan di bawah kategori Server) mendukung konfigurasi versi 8 dan 9. Versi yang lebih tua 4 memiliki format file konfigurasi yang berbeda, dan dapat dikonfigurasi dengan menggunakan BIND DNS Server modul 4, didokumentasikan pada bagian selanjutnya dari bab ini.

Karena BIND tersedia untuk hampir semua sistem Unix dan bekerja identik terlepas dari sistem operasi, petunjuk dalam bab ini berlaku tidak hanya untuk Linux tetapi untuk versi lain dari Unix juga. Kebanyakan versi Unix dan Linux menyertakan BIND 8 atau 9 sebagai paket standar, sehingga jarang diperlukan untuk menginstalnya. Jika modul tidak dapat menemukan server DNS, pesan kesalahan akan ditampilkan pada halaman utama – jika ini terjadi, periksa sistem operasi Anda CD atau website untuk paket BIND, atau download dan kompilasi dari http://www.isc org /. .

File konfigurasi utama BIND adalah file / etc / named.conf, yang berisi semua zona-zona yang host server, dan pengaturan konfigurasi global yang berlaku untuk semua zona. Catatan di setiap zona disimpan dalam file terpisah, biasanya ditemukan di direktori / var / named. Modul Webmin selalu update semua file langsung, bukan dengan berkomunikasi dengan proses BIND berjalan. Ini berarti bahwa jika Anda menjalankan beberapa program lain yang secara dinamis update zona dengan berkomunikasi dengan BIND (seperti server DHCP), maka modul ini tidak boleh digunakan karena dapat mengganggu perubahan ini. Namun, sistem sangat sedikit memiliki jenis update dinamis diaktifkan.

Versi 9 dari BIND memiliki beberapa fitur yang versi 8 tidak. Yang paling penting yang didukung oleh modul Webmin adalah pandangan. View View adalah seperangkat zona yang terlihat hanya beberapa klien DNS. Biasanya semua klien melihat zona yang sama, tetapi dengan BIND 9 Anda dapat membatasi visibilitas beberapa domain hanya klien tertentu, yang diidentifikasi oleh alamat IP mereka. Hal ini dapat berguna untuk menciptakan zona yang hanya dapat dilihat dengan sistem pada jaringan internal, bahkan jika DNS server anda terhubung ke Internet.

Jika Anda belum pernah mengatur BIND pada sistem Anda, ketika Anda memasukkan modul untuk pertama kalinya halaman utama akan menampilkan formulir untuk menyiapkan server DNS, seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Formulir ini hanya ditampilkan jika Webmin mendeteksi bahwa file konfigurasi named.conf tidak ada, atau jika zona file direktori yang menentukan kernel adalah tidak ada. Jika Anda yakin bahwa konfigurasi BIND Anda valid dan bahwa server DNS sudah berjalan, jangan klik tombol Create, sebagai file named.conf Anda akan ditimpa. Daripada itu, klik pada link Config Modul dan periksa apakah semua jalan yang benar untuk sistem anda.

BIND DNS
Jika Anda sedang mengatur BIND untuk pertama kalinya, bentuk pengaturan memberi Anda tiga pilihan:

  • Pengaturan nameserver untuk internal non-internet digunakan hanya
    Jika Anda memilih pilihan ini, Anda server DNS akan diatur sehingga hanya dapat menyelesaikan catatan dalam zona bahwa host. Ini hanya berguna di jaringan pribadi yang tidak memiliki koneksi internet sama sekali.
  • Setup sebagai server nama internet, dan informasi akar server download
    Ini adalah pilihan yang paling berguna – itu set server DNS sampai bisa menjadi tuan rumah zona dan untuk pencarian catatan di Internet. Dalam rangka untuk query domain Internet lain, daftar root server zona yang dibutuhkan, seperti yang dijelaskan dalam pendahuluan. Ketika opsi ini dipilih, Webmin akan FTP ke rs.internic.net dan men-download file yang berisi daftar nama server dan alamat IP untuk dimasukkan dalam konfigurasi BIND.
  • Setup sebagai server nama internet, tetapi menggunakan root tua Webmin informasi server
    Pilihan ini identik dengan yang sebelumnya, tetapi tidak men-download file zona root. Sebaliknya, ia menggunakan salinan file yang datang dengan Webmin yang mungkin tidak up to date. Namun, jika untuk beberapa alasan sistem anda tidak dapat terhubung ke server FTP rs.internic.net, ini adalah pilihan terbaik Anda.

Tergantung pada pilihan yang Anda pilih, file named.conf dasar akan dibuat zona akar ditambahkan ke dalamnya. Halaman utama modul kemudian akan kembali ditampilkan, sehingga Anda dapat menambahkan zona lebih atau mengkonfigurasi server lebih lanjut.

Bila BIND telah mengatur pada sistem Anda, halaman utama akan muncul seperti terlihat pada gambar di bawah. Di bagian atas adalah tabel ikon untuk menetapkan opsi global yang berlaku untuk seluruh server DNS Anda. Di bawah mereka adalah ikon untuk setiap zona host server Anda, diikuti dengan ikon untuk dilihat jika Anda menjalankan BIND versi 9. Di bagian paling bawah adalah tombol untuk menerapkan konfigurasi DNS saat ini atau menjalankan server BIND.

Jika Anda hanya mengatur BIND untuk pertama kalinya, mungkin akan ada hanya satu zona ikon – zona akar. Beberapa distribusi Linux yang mencakup paket BIND datang dengan sebuah file konfigurasi dasar yang mendefinisikan zona seperti LOCALDOMAIN dan 127.0.0, yang digunakan untuk menyelesaikan localhost dan alamat loopback 127.0.0.l nama host dan IP.

Perihal Firman Abahe Alif Fadhlurrohman
Saya Hanya seorang yang ga bisa apa-apa, bodoh dan ingi selalu tau akan kemajuan...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: